Resep Nasi Tumpeng Kuning Paling Lengkap

Nasi tumpeng adalah nasi yang dibentuk seperti kerucut dengan nasi yang berwarna kuning. Biasanya nasi ini disebut nasi tumpeng gurih, yang banyak sekali disajikan sebagai sajian ketika memiliki sebuah hajat. Jika ada acara seperti ulang tahun sebuah kota atau yang lebih kecil acara syukuran banyak orang di Jawa akan mengadakan syukuran dengan sajian utama nasi tumpeng. Sebenarnya dahulu nasi tumpeng ini adalah sejarah dari agama hindu yang mana ketika mereka ingin mengadakan acara rasa syukur akibat dari sebuah peristimewa penting mereka akan mengadakan sebuah Tumpengan. Tidak heran jika masyarakat Jawa semua rata-rata akan mengenal nasi tumpeng. Karena memang merupakan adat istiadat dari Jawa untuk mengadakan tumpengan bila ada hal yang ingin di syukuri.

Resep Nasi Tumpeng Kuning Paling Lengkap

Nasi tumpeng untuk kenduri ini sangat mudah untuk dibuat, yang rada sulit itu ketika anda membuat setiap lauk yang harus ada pada nasi tumpeng tersebut. Lauk pada tumpeng biasanya disediakan sesuai selera yang bisa terdiri dari ayam, telur, tempeng sambal goreng, lalapan, dan masih banyak lagi terserah dengan selera dan kemampuan untuk membuat setiap lauknya. Bila anda ingin yang mewah hasus beli daging untuk melengkapi tumpeng agar terlihat lebih istimewa dan spesial. Tetapi yang sederhana sudahlah cukup yang penting isinya komplit ada ayam dan telur, lalapan, sambal goreng, mie, dan sosis itu semua sudah cukup baik.

Bahan-bahan:

  • 1 kg beras yang kualitas bagus
  • 2 genggam beras ketan (1 gelas cukup)
  • 1 sendok makan kunyit halus
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan garam
  • 1 buah sereh digeprek
  • 1,5 liter santan segar

Cara membuat nasi tumpeng:

  1. Cuci beras dan beras ketan hingga bersih, sisihkan.
  2. Parut kelapa yang sudah anda siapkan dan peras sehingga jadi santan kelapa, sisihkan.
  3. Taruh pada panci beras, beras ketan, kunyit, santan, daun salam, sereh dan sedikit garam.
  4. Masak dengan api medium hingga santannya menyusut, sambil aduk-aduk sekali kali.
  5. Diamkan kurang lebih 20 menit.
  6. Kukus nasi hingga matang.
  7. Jika ingin warna kuningnya makin mengkilap sebelum dikukus tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan aduk kembali.
  8. Setalah matang ketika masih hangat dan nasi mengebul anda bisa cetak seperti kerucut.
  9. Siapkan alas daun pisang, lalu anda cetak nasi tumpeng sedemikian sehingga membentuk kerucut. Bisa pakai cara manual saja, dengan menumpuk-numpuk gitulah.
  10. Jika sudah anda bisa menyajikan dengan berbagai lauk seperti ayam, kacang bumbu goreng, tempe bumbu goreng, telur dadar gulung, timun, sambal, daun kemangi dan lainnya.
  11. Hidangkan.

Sangat mudah sekali untuk bisa membuta tumpeng yang sederhna, pasti anda bisa. Untuk mendapatkan hasil yang bagus gunakanlah beras yang berkualitas bagus juga karena jika pakai kualitas buruk atau sedang rasa dari nasi tidak begitu enak. Tentu saja setiap orang tahu itu. Nah, untuk resep setiap lauknya anda bisa melihat pada resep yang ada pada menu masakan kami, ada menu olahan dari ayam, dari sayuran, dan daging. Bila anda masih penasaran juga dengan resep yang lainnya silahkan anda coba buka-buka saja, sapa tahu dapat resep yang belum ada dipasaran hehehe.

Resep Nasi Tumpeng Kuning Paling Lengkap | Yustina | 4.5